Pengertian Pasar Oligopoli
Pengertian Pasar Oligopoli adalah suatu pasar dimana di dalamnya terdapat beberapa produsen/ penjual yang menguasai pasar dengan banyak konsumen atau pembeli.
Pasar Oligopoli adalah salah satu bentuk pasar persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual di pasar ini sifatnya homogen atau sulit dibedakan meskipun produsennya ada beberapa. Jenis pasar ini biasanya didominasi oleh lebih dari dua produsen tapi tidak lebih dari sepuluh produsen.
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
- Umumnya ada lebih dari dua produsen (tapi kurang dari sepuluh) yang menguasai pasar ini.
- Jenis produk yang dijual di pasar ini sifatnya homogen dan dapat saling menggantikan. Misalnya, sabun mandi dengan berbagai pilihan bentuk, warna, dan aroma.
- Kebijakan produsen utama yang menguasai pasar biasanya akan berpengaruh terhadap kebijakan produsen lainnya.
- Harga barang di pasar ini cenderung sama atau ada perbedaan kecil.
- Produsen atau penjual baru sangat sulit untuk memasuki pasar ini karena biasanya produsen lama akan bermain harga untuk lebih menarik konsumen.
- Dibutuhkan strategi promosi/ iklan serta inovasi secara terus menerus agar bisa bertahan di pasar ini.
Jenis-Jenis Pasar Oligopoli
Secara umum, ada dua jenis pasar persaingan Oligopoli, diantaranya adalah:
1. Pasar Oligopoli Murni
Bentuk pasar ini disebut juga dengan Pure Oligopoli, yaitu jenis pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang dijual sifatnya identik atau sama sehingga sulit untuk dibedakan.
Cara untuk mengenali produk perusahaan tertentu bisa dilakukan dengan melihat merk atau brand pada kemasan produk. Contohnya adalah industri air mineral, semen, seng, dan lain-lain.
2. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi
Jenis pasar ini disebut juga dengan Differentiated Oligopoly, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dimana produk yang dijual sifatnya homogen.
Produk pada pasar jenis ini sangat sulit dibedakan kualitasnya, namun dapat dibedakan dengan melihat coraknya. Contohnya adalah industri sabun, rokok, sepeda motor, dan lain-lain.
Dampak positif pasar oligopoli :
1) Mengingat dalam oligopoli ada kecenderungan produsen bersaing baik dalam harga
maupun bukan dalam hal harga, maka jika diantara produsen melakukan persaingan bukan
dalam harga (seperti dalam kualitas dan service/pelayanan) akan ada kecenderungan
konsumen untuk mendapatkan mutu produk dan pelayanan secara baik.
2) Jika produsen oligopoli melakukan persaingan dalam harga, maka konsumen juga
cenderung untuk mendapatkan harga yang stabil atau kalaupun berubah justru cenderung
mengalami penurunan.
3) Oligopolis umumnya perusahaan besar, sehingga mempunyai dana untuk penelitian dan
pengembangan yang cukup. Di sisi lain suasana persaingan ada, sehingga dorongan untuk
melakukan inovasi proses produksi baru, penemuan produk baru dan penurunan biaya
produksi menjadi cukup kuat, tentunya semua hal itu akan menguntungkan konsumen.
Dampak negatif pasar oligopoli :
1) Dalam oligopoli cenderung terjadi pemborosan penggunaan sumber daya ekonomi,
karena produsen tidak beroperasi pada biaya rata- rata (AC) minimum artinya perusahaan
sering beroperasi secara tidak efisien
2) Ditinjau dari segi distribusi pendapatan masyarakat, pasar oligopoli sering menimbulkan
ketidakadilan. Dalam jangka panjang produsen oligopoli cenderung mendapatkan
keuntungan berlebih, sementara produsen yang berada pada persaingan sempurna hanya
akan memperoleh keuntungan normal.
3) Pada pasar oligopoli sering terjadi eksploitasi baik terhadap konsumen maupun pemilik
faktor produksi. Konsumen cenderung membayar produk dengan harga tinggi, sementara
pemilik faktor produksi dibayar dengan harga yang rendah.
Daftar Pustaka:
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopoli.html
Makalah Tugas Teori Ekonomi Penulis
Daftar Pustaka:
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pasar-oligopoli.html
Makalah Tugas Teori Ekonomi Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar