Sabtu, 21 Desember 2019

Pasar Monopoli


Pengertian Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana di dalamnya hanya terdapat satu produsen/ penjual yang menguasai pasar untuk melayani semua konsumen.
Pada jenis pasar ini produsen baru yang masuk ke pasar umumnya tidak dapat menyaingi produsen lama. Dengan begitu maka akan terjadi monopoli murni di dalam suatu PASAR yang dikuasai oleh satu produsen.
Contoh pasar monopoli
PT KAI, dan PT PLN dalam penjualannya pada pembeli.

Ciri - ciri pasar monopoli :
1. Memiliki satu penjual atau perusahaan yang memproduksi produk tertentu.
2. Barang dan Jasanya Tidak Ada Penggantinya.       
3. Pengetahuan Konsumen Terbatas.
4. Harga ditentukan oleh perusahaan/penjual yang memegang monopoli.
5. Konsumen tidak bisa beralih ke penjual/perusahaan lain walau merasa dirugikan.

Macam - macam pasar monopoli :
1. Monopoli Alamiah.
Monopoli alami adalah kegiatan monopoli yang di timbulkan oleh adanya faktor alam. Monopoli alamiah muncul dikarenakan keadaan alam yang khas (mempunyai ciri khusus), contohnya seperti kesuburan tanah, iklim yang sesuai atau karena mengandung kekayaan bahan tambang tertentu.
 2. Monopoli Masyarakat.
Monopoli masyarakat dapat terjadi jika masyarakat mempunyai kepercayaan secara khusus terhadap suatu produk. Contohnya, obat batuk merek “B” mampu menguasai pasar dikarenakan kemanjuran khasiat obat tersebut.
3. Monopoli Undang – Undang.
Monopoli undang – undang adalah monopoli yang di timbulkan oleh adanya undang –undang yang menjamin sebuah perusahaan untuk dapat menguasai semua produk, barang, jasa dan penjualannya kepada pembeli.

Dampak positif dari Pasar Monopoli :
1. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
2. Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
3. Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
4. Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten.
Contoh Dampak Positif Pasar Monopoli :
Dari sisi produsen, monopoli bisa menghindarkan biaya iklan serta biaya diferensiasi.  Jika terjadi persaingan, setiap perusahaan yang bersaing akan saling mencoba merebut konsumen dengan banyak cara, iklan tampaknya menjadi cara yang cukup penting untuk menjangkau konsumen.

Dampak negatif adanya monopoli :
1. Terjadinya Ketidakstabilan harga barang
2. Kecilnya Kuantitas produksi  suatu perusahaan menimbulkan adanya biaya sosial kepada masyarakat .
3. Adanya unsur ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi dengan sekecil kecilnya dan menaikan harga dengan setinggi- tingginya.
4. Kepentingan umum banyak diabaikan, sebab keberadaan usahanya hanya didasarkan atas untung rugi saja.




Daftar Pustaka:
Makalah Teori Ekonomi Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar