Pengertian
Pasar Monopoli
Pasar Monopoli
adalah salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna dimana di dalamnya
hanya terdapat satu produsen/ penjual yang menguasai pasar untuk melayani semua
konsumen.
Pada jenis
pasar ini produsen baru yang masuk ke pasar umumnya tidak dapat menyaingi
produsen lama. Dengan begitu maka akan terjadi monopoli murni di dalam suatu
PASAR yang dikuasai oleh satu produsen.
Contoh pasar
monopoli
PT KAI, dan PT
PLN dalam penjualannya pada pembeli.
Ciri - ciri pasar
monopoli :
1. Memiliki
satu penjual atau perusahaan yang memproduksi produk tertentu.
2. Barang dan Jasanya Tidak Ada Penggantinya.
3. Pengetahuan
Konsumen Terbatas.
4. Harga
ditentukan oleh perusahaan/penjual yang memegang monopoli.
5. Konsumen tidak
bisa beralih ke penjual/perusahaan lain walau merasa dirugikan.
Macam - macam
pasar monopoli :
1. Monopoli
Alamiah.
Monopoli alami
adalah kegiatan monopoli yang di timbulkan oleh adanya faktor alam. Monopoli
alamiah muncul dikarenakan keadaan alam yang khas (mempunyai ciri khusus),
contohnya seperti kesuburan tanah, iklim yang sesuai atau karena mengandung
kekayaan bahan tambang tertentu.
Monopoli
masyarakat dapat terjadi jika masyarakat mempunyai kepercayaan secara khusus terhadap
suatu produk. Contohnya, obat batuk merek “B” mampu menguasai pasar dikarenakan
kemanjuran khasiat obat tersebut.
3. Monopoli
Undang – Undang.
Monopoli undang
– undang adalah monopoli yang di timbulkan oleh adanya undang –undang yang
menjamin sebuah perusahaan untuk dapat menguasai semua produk, barang, jasa dan
penjualannya kepada pembeli.
Dampak positif
dari Pasar Monopoli :
1. Mampu
melakukan penelitian dan pengembangan produk
2. Dapat
meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
3. Mudah
mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
4. Dapat
meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian
hak cipta dan hak paten.
Contoh Dampak Positif Pasar Monopoli :
Dari sisi produsen, monopoli bisa menghindarkan biaya
iklan serta biaya diferensiasi. Jika
terjadi persaingan, setiap perusahaan yang bersaing akan saling mencoba merebut
konsumen dengan banyak cara, iklan tampaknya menjadi cara yang cukup penting
untuk menjangkau konsumen.
Dampak negatif
adanya monopoli :
1. Terjadinya
Ketidakstabilan harga barang
2. Kecilnya
Kuantitas produksi suatu perusahaan
menimbulkan adanya biaya sosial kepada masyarakat .
3. Adanya unsur
ketidakadilan sebab monopolis akan menekan biaya produksi dengan sekecil
kecilnya dan menaikan harga dengan setinggi- tingginya.
4. Kepentingan
umum banyak diabaikan, sebab keberadaan usahanya hanya didasarkan atas untung
rugi saja.
Daftar Pustaka:
Makalah Teori Ekonomi Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar